Sabtu, 04 Mei 2013

Pengurusan Surat Izin Usaha


Berdasarkan wawancara yang telah kami laksanakan pada:
Hari                 : Selasa
Tanggal           : 16 April 2013
Waktu             : 13.00 – 15.30
Tempat            : Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Batam
                          Gedung Sumatera Convention Centre Lt. II
                          Jl. Engku Putri Kav. I Batam  Centre

Dengan narasumber sebagai berikut :
-          Kepala Sub.Bidang Pelayanan Perizinan, Bapak Maladi Ismail
-          Petugas pelayanan perizinan usaha Pemerintah Kota Batam

Berikut adalah hasil wawancara :
A.    Jenis – jenis Surat Izin Usaha
1.      Perizinan Bidang Perindustrian dan Perdagangan
-          Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
-          Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
-          Tanda Daftar Gudang (TDG)
-          Tanda Daftar  Industri (TDI)
-          Izin Usaha Industri (IUI
-          Izin Perluasan
-          Izin Usaha Ketenagalistrikan Untuk Kepentingan Umum/Sendiri
-          Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

2.      Perizinan Bidang Perhubungan, Ketenagakerjaan, dan Perikanan
-          Izin Usaha Bengkel Kendaraan Bermotor
-          Izin Scrap Kendaraan Bermotor
-          Izin Usaha Mobil Derek
-          Izin Usaha Parkir Umun & Khusus
-          Izin Usaha Sekolah Mengemudi &Montir
-          Izin Usaha Angkutan Umum
-          Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA)
-          Izin Operasional Penyedia Jasa Tenaga Kerja / Buruh
-          Izin Lembaga Penetapan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS)
-          Izin Pendirian Oerpanjangan Lembaga Latihan Swasta
-          Rekomendasi Izin Penampungan Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS)
-          Izin Usaha Perikanan Tangkap (SIUP tangkap)
-          Izin Usaha Perikanan Budidaya ( SIUP Budidaya)
-          Izin Usaha Penangkapan Ikan (SIPI)
3.      Perizinan Bidang Penanaman Modal
-          Surat Izin Penanaman Modal
-          Izin Prinsip Perluasan
-          Izin Prinsip Perubahan
-          Izin Usaha
-          Izin Usaha Penggabungan Perusahaan (MERGER)

4.      Perizinan Bidang Komunikasi dan Informatika
-          Izin Pendirian Jasa Titipan Kantor Agen
-          Izin Instalatur Kabel Rumah / Gedung ( IKR/G)
-          Izin Kantor Cabang dan Loket Pelayanan Operator
-          Izin Galian Untuk Keperluan Penggelaran Kabel Telekomunikasi
-          Izin Lokasi Pembangunan Studio dan Stasiun Pemancar Radio dan/atau Televisi
-          Izin Telekomunikasi Khusus
-          Rekomendasi apaembangunan Menara Telekomunikasi
-          Rekomendasi Usaha Warnet.\/Wartel
-          Rekomendasi Jasa Teknologi Informasi
-          Rekomendasi Usaha Telematika
-          Rekomendasi Usaha Media Cetak
-          Rekomendasi Usaha Perdagangan Alat Perangkat Telekomunikasi
-          Rekomendasi Usaha Penyiaran Radio/Tv

5.      Perizinan Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan
-          Izin Usaha Budidaya Holtikultura
-          Izin Usaha Pasca Panen Holtikultura
-          Izin Usaha Wisata Argo
-          Izin Usaha Budidaya Perkebunan
-          Izin Usaha Pengolahan Perkebunan
-          Izin Usaha Pembibitan Ternak
-          Izin Usaha Budidaya Ternak
-          Izin Usaha Pemeliharaan Hewan Kesayangan
-          Izin Usaha Breeder Hewan Kesayangan
-          Izin Usaha Pemotongan Hewan/Unggas
-          Izin Usaha Rumah Potong Hewan/Unggas
-          Izin Usaha Poultry Shop
-          Izin Usaha Pet Shop/Pet Salon/Pet Grooming
-          Izin Usaha Rumah Sakit Hewan
-          Izin Usaha Klinik Hewan
-          Izin Usaha Laboratorium Hewan
-          Izin Praktek Dokter Hewan
-          Tanda Daftar Usaha Penampungan atau Penimbunan Kayu Olahan

6.      Perizinan Bidang Kesehatan
-          Izin Praktik Dokter dan Izin Praktik Dokter Gigi
-          Izin Praktik Dokter Spesialis dan Izin Praktik Dokter GiginSpesialis
-          Izin Menyelenggarakan Praktek Berkelompok Dokter Umum, Dokter Gigi, Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis
-          Izin Praktik Bidan
-          Izin Praktik Perawat
-          Izin Kerja Perawat
-          Izin Kerja Asisten Apoteker
-          Izin Menyelenggarakan Balai Pengobatan (KLINIK)
-          Izin Penyelenggaraan Rumah Bersalin
-          Izin Pendirian Rumah Sakit

7.      Perizinan Bidang Kesehatan II
-          Izin Penyelenggaraan Klinik Kecantikan
-          Izin Apotek
-          Izin Toko Obat
-          Izin Praktik Fisioterapis
-          Izin Toko Alat Kesehatan
-          Izin Penyelenggaraan Laboratorium Kesehatan/ Laboratorium Klinik
-          Izin Penyelenggaraan Optikal
-          Sertifikasi Laik Sehat Jasa Boga
-          Sertifikasi Laik Sehat Kantin, Restoran & Rumah makan
-          Sertifikasi Laik Seehat Depot Air Minum
-          Sertifikasi Laik Sehat Tempat-tempat Umum
-          Sertifikasi Edaran Pangan Industri Rumah Tangga
-          Pendaftaran Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional
-          Izin Usaha Pembasmi Hama (Pest Control)

8.      Perizinan  Bidang Pariwisata dan Pasar (Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern)
-          Izin Usaha Pariwisata
-          Izin Pengusaha Objek & Daya Tarik Wisata
-          Izin Jasa Pariwisata
-          Izin Usaha Pengelolaan Pasar Tradisional (IUP2T)
-          Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
-          Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
9.      Perizinan Bidang Lingkungan Hidup
-          Izin Gangguan (HO)
-          Izin Pembuangan Air Limbah
-          Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3
-          Izin Pengumpulan Limbah B3 Skala Kota
-          Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan (AMDAL)
-          Rekomendasi UKL, IPL

B.     SIUP terdiri atas SIUP kecil, menengah dan besar. Klasifikasi ini berdasarkan besarnya modal pendirian usaha tersebut. Jika usaha didirikan dengan modal yang besar maka surat izin usaha perdagangan yang digunakan adalah SIUP besar.

Berdasarkan PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA No.9/M-DAG/PER/3/2006, terhadap SIUP diberikan kelasifikasi sebagai berikut:
1.      SIUP Kecil (Warna Putih), diberikan untuk Perusahaan dengan kekayaan bersih kurang dari Rp. 200jt
2.      SIUP Menengah (warna biru) diberikan untuk Perusahaan dengan
kekayaan bersih di atas Rp.200jt sampai dengan Rp. 500jt
3.      SIUP Besar (Warna Kuning) diberikan untuk Perusahaan dengan
kekayaan bersih di atas Rp.500jt
4.      SIUP PT. Tbk (warna hijau) diberikan untuk Perusahaan yang
menjual sahamnya pada masyarakat lebih dari 49% dari total saham
yang dikeluarkan oleh Perusahaan tersebut.

Klasifikasi tersebut sekarang sudah mengalami pergeseran. Berdasarkan Pasal 3 ayat 1,2, dan 3 Permendag 46 tersebut, klasifikasi Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diterbitkan oleh Kementrian Perindustrian, Usaha Kecil dan Menengah di ubah menjadi sebagai berikut:

1.      Klasifikasi Perusahaan Kecil, adalah untuk perusahaan dengan kekayaan bersih lebih dari Rp. 50jt sampai dengan maksimum Rp. 500jt; tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha

2.      Klasifikasi Perusahaan Menengah, adalah perusahaan dengan kekayaan bersih lebih dari Rp. 500jt sampai dengan maksimum Rp. 10 Milyar; tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha

3.      Klasifikasi Perusahaan Besar adalah perusahaan dengan kekayaan bersih lebih dari Rp. 10 Milyar (tidak termasuk tanah dan bangunan serta tempat usaha).

Bagaimana dengan perusahaan yang kekayaan bersihnya kurang dari Rp. 50jt? Dalam pasal 2 ayat 3 Permendag tersebut disebutkan bahwa selain 3 klasifikasi di atas, maka perusahaan dengan kekayaan bersih kurang dari Rp. 50jt masuk ke dalam kategori Perusahaan Perdagangan Mikro, dan karenanya akan diberikan SIUP MIKRO.

C.    Berikut ini adalah persyaratan pengurusan surat izin usaha :
*lampiran berdasarkan form asli

Pelayanan Perizinan Bidang Perindustrian dan Perdagangan
SKPD TEKNIS : Dinas Perindustrian
Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral

Dasar Hukum :
-          UU No. 3 Tahun 11982
-          Perda No. 12/2001
-          Perda No. 13/2001
-          Perda No. 14/2001
-          Perda No. 12/2009 tentang retribusi izin usaha di Kota Batam

Prosedur umum Pelayanan :
-          Pengajuan permohonan di cunter pelayanan
-          Pemeriksaan kelengkapan permohonan oleh Customer Servise
-          Verifikasi dan pemrosesan permohonan oleh tim teknis
-          Pemeriksaan lokasi/ lapangan oleh tim SKPD
-          Pembayaran retribusi oleh pemohon
-          Penandatanganan izin oleh ka.SKPD terkait
-          Penyerahan izin kepada pemohon oleh Customer Service

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Tanda Daftar Gudang
Persyaratan umum :
1.      Mengisi formulir Surat Permohonan Izin (SPI) dengan lengkap (Telp/Stempel Perusahaan.
2.      Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan dan Akte Perubahan (jika ada).
3.      Surat Kuasa di atas Materai dan Stempel Perusahaan (Kuasa Pengurusan bukan Penandatangan Formulir).
4.      Fotokopi KTP Pemilik/Dirut/Penanggung Jawab yang dilegalisir oleh instansi bersangkutan atau memperlihatkan aslinya pada waktu pengurusan.
5.      Fotokopi NPWP Perusahaan yang alamatnya sesuai dengan domisili + asli diperlihatkan.
6.      Fotokopi surat keterangan Domisili Usaha + Asli dilampirkan padda waktu pengurusan.
7.      Fotokopi Izin Teknis dari instansi yang bersangkutan / Surat Rekomendasi sesuai dengan bidang usahanya ( terkecuali untuk SIUP-MB dan TDG).
8.      Fotokopi Bukti Kepemilikan / Bukti Sewa Tempat Usaha / IMB.
9.      Daerah Lokasi Perusahaan / Tempat Usaha.
10.  Neraca Perusahaan Asli + Cap Perusahaan ( kecuali untuk TDG).
11.  Pas foto warna Direktur/Penanggung jawab ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar ( baju kemeja).

Persyaratan Khusus :
1.      CV dan UD
Fotokopi Akte yang telah didaftarkan di Pengadilan Negeri (perlihatkan Aslinya)
2.      Koperasi dan BUL
Fotokopi Akte yang telah didaftarkan di instansi yang berwenang.
3.      TDG
-          Fotokopi SIUP dan TDP
-          Peta Lokasi Gudang
-          Domisiili sesuai lokasi gudang
4.      Laporan Kehilangan Perizinan
-          Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian (Asli)
-          Diusahakan melampirkan fotokopi yang tertinggal dari Izin yang hilang tersebut
5.      Pembukaan Cabang
-          Fotokopi Akte Pembukaan Cabang atau Fotokopi Surat Penunjukkan Pimpinan Cabang dari Pimpinan Perusahaan Pusat
-          Fotokopi SIUP atau Izin Teknis Lainnya dan TDP Pusat yang dilegalisir oleh instansi  yang berwenang
6.      Penambahan Bidang Usaha SIUP (PT/CV/PO)
-          Penambahan bidang usaha maksimal 3 kali, diperbolehkan dalam jangka waktu 3 bulan setelah tanggal SIUP dikeluarkan (termasuk SIUP pertama yang dikeluarkan)
-          Mengisi formulir SPI SIUP dengan maksimal penambahan 3 bidang usaha.
-          Membuat Surat Permohonan Perihal Penambahan Bidang Usaha yang ditujukan kepada Kepala Disperindag Kota Batam menggunakan kop Perusahaan, bermaterai 6000, ditandatangani Penanggung jawab, dan bercap Perusahaan.
-          Melampirkan SIUP
-          Fotokopi TDP
-          Fotokopi Akte Pendirian/Perubahan (jika ada)
-          Fotokopi KTP Penanggungjawab
-          Fotokopi NPWP
-          Fotokopi Surat Keterangan Domisili Usaha
-          Fotokopi Izin Teknis
-          Pas foto 3x4 ( 3 lembar)

Waktu penyelesaian 3 hari kerja

PERSETUJUAN PRINSIP

Persyaratan :
1.      Surat Permohonan dari pemohon / perusahaan
2.      Mengisi Formulir permohonan (Pm-1)
3.      Fotokopi Akte pendirian Perusahaan dan perubahannya
4.      Fotokopi NPWP
5.      Fotokopi KTP penanggungjawab perusahaan
6.      Fotokopi Surat Keterangan Domisili Usaha
7.      Fotokopi Izin Lokasi atau PL
8.      Pas foto warna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar

TANDA DAFTAR INDUSTRI (TDI)
Persyaratan :
1.      Mengisi formulir PDFIK1
2.      Fotokopi Akte Perusahaan dan Akte Perubahan
3.      Fotokopi KTP/Passport Pemilik/Dirut/Penanggung jawab
4.      Fotokopi Surat Keterangan Domisili Usaha
5.      Fotokopi NPWP
6.      Fotokopi Penetapan Lokasi (PL) Otorita Batam
7.      Fotokopi Bukti Kepemilikan / Bukti Sewa Tempat Usaha / IMB
8.      Pas foto direktur/Penanggungjawab Perusahaan 3x4 (berwarna 3 lembar)
9.      Fotokopi SPPL/HO/UKL-UPL/AMDAL.
Waktu penyelesaian 5 hari kerja

IZIN USAHA INDUSTRI (IUI)
Persyaratan :
1.      Surat Permohonan Izin
2.      Mengisi Formulir SP1-SP2 & PM3( jika melalui tahap persetujuan prinsip)
3.      Fotokopi Akte Perusahaan dan Akte Perubahan
4.      Fotokopi KTP/Passport Pemilik/Dirut/Penanggung jawab
5.      Fotokopi Surat Keterangan Domisili Usaha
6.      Fotokopi NPWP
7.      Fotokopi Penetapan Lokasi (PL)
8.      Fotokopi Bukti Kepemilikan / Bukti Sewa Tempat Usaha / IMB
9.      Pas foto direktur/Penanggungjawab Perusahaan 3x4 (berwarna 2 lembar)
10.  Fotokopi HO/UKL-UPL/AMDAL
11.  Fotokopi Persetujuan Prinsip(jika melalui tahap Persetujuan Prinsip)
Waktu penyelesaian 5 hari kerja

IZIN PPERLUASAN
Persyaratan :
1.      Surat Permohonan Izin
2.      Mengisi Formulir SP3 atau PM4 ( jika melalui tahap persetujuan prinsip)
3.      Fotokopi Akte Perusahaan dan Akte Perubahan
4.      Fotokopi KTP/Passport Pemilik/Dirut/Penanggung jawab
5.      Fotokopi Surat Keterangan Domisili Usaha
6.      Fotokopi NPWP
7.      Fotokopi IUI dan Lampiran
8.      Fotokopi Bukti Kepemilikan / Bukti Sewa Tempat Usaha / IMB
9.      Pas foto direktur/Penanggungjawab Perusahaan 3x4 (berwarna 2 lembar)
Waktu penyelesaian 5 hari keja

IZIN USAHA KETENAGA LISTRIKAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM/ SENDIRI
Persyaratan :
1.      Fotokopi Persetujuan Prinsip (jika melalui tahap Persetujuan Prinsip )
2.      Studi Kelayakan (khusus IUKU)
3.      Izin Lokasi / PL (khuus IUKU)
4.      Kemampuan Pendanaan (Neraca)
5.      Gambar Denah Instalasi
6.      Gambar Diagram Tunggal Instalasi
7.      Teknis dan Kapasitas Usaha
8.      Lokasi/gambar daerah usaha dan rencana usaha penyediaan tenaga listrik (IUKU)
9.      Jadwal Pembangunan
10.  Jadwal Pengoperasian
11.  Fotokopi AMDAL/UKL & UPL/HO
12.  Sertifikat Tenaga Ketenagalistrikan.
Waktu penyelesaian 5 hari kerja

WAKTU PENYELESAIAN DAN RETRIBUSI
JENIS
WAKTU
RETRIBUSI
TDP
3

-          PT

500.000
-          CV

250.000
-          Koperasi

100.000
-          Firma

250.000
-          PO

100.000
-          BUL

250.000
-          PMA

1.000.000
SIUP – MB
3

-          Golongan B

3.000.000
-          Golongan C

6.000.000



BUKTI PENGERJAAN MAKALAH