Rabu, 29 Mei 2013

SOAL LATIHAN ERLANGGA

SOAL LATIHAN
ERLANGGA

Kaji Ulang Hal 10
1.      Apa yang dimaksud dengan ekosistem ?
›  Ekosistem adalah sistem alam yang dibentuk dari interaksi antarmakhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dengan faktor lingkungannya pada suatu kawasan tertentu.

2.      Apa yang dimaksud dengan populasi dan komunitas ?
›  Populasi adalah sekumpulan makhluk hidup yang menempati suatu kawasan tertentu.
   Komunitas adalah interaksi antarpopulasi pada suatu daerah  tertentu.

3.      Jelaskan perbedaan Interaksi dalam komunitas dengan interaksi dalam ekositem.
›  Interaksi dalam komunitas adalah terjadinya hubungan timbal balik antarpopulasi sementara interaksi dalam ekosistem adalah terjadinya hubungan timbal balik antara komponen biotik dan komponen abiotik.

4.      Sebutkanlah komponen-komponen abiotik yang menyusun lingkungan.
                -        Cahaya                                   -   Udara
                -        Air                                            -   Batu dan tanah
                -        Suhu                                        -   Topografi

Kaji Ulang Hal 18
1.      Apa yang dimaksud dengan interaksi dalam ekosistem ?
›  Interaksi dalam ekosistem adalah terjadinya hubungan timbal balik antara komponen biotik dan komponen abiotik.

2.      Sebutkan dan jelaskan interaksi yang terjadi antarpopulasi dalam ekosistem.
§  Mutualisme , merupakan bentuk interaksi antar organisme dari dua spesies yang berbeda dimana akan saling menguntungkan bagi kedua organisme yang terlibat didalamnya. Komensalisme terbagi menjadi dua yaitu: mutualisme fakultatif, dimana suatu spesies dapat hidup tanpa organisme partnernya contoh mutualisme antara semut dan kutu tumbuhan, dimana keduanya akan saling menguntungkan apabila bersama tetapi semut dan kutu tersebut masih bisa hidup apabila tidak bersama. Mutualisme  obligatif yaitu hubungan antara dua organisme yang mutlak mutualisme, contoh sapi dan bekteri selulosa yang keduanya salling membutuhkan sapi dapat mencerna tumbuhan karena bantuan bakteri selulosa, begitu sebaliknya bakteri hanya hidup dalam perut sapi.  

§  Komensalisme, merupakan bentuk interaksi antar organisme dari dua spesies yang berbeda, yangmana hanya satu organisme saja yang diuntungkan dan yang satunya lagi tidak terpengaruh. Contoh ikan remora dan ikan hiu

§  Alelopati, merupakan interaksi antar dua organism yang mana keberadaan satu organisme akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang lainnya melalui pelepasan toksik atau racun. Contoh, tanaman pinus dan rumput dimana rumput dihambat pertumbuhannya karena tanah disekitar pohon pinus akan asam, dan fungi penicillium sp akan menghambat pertumbuhan bakteri karena melepaskan antibiotik.

§  Predasi, merupakan interaksi dua organisme yang mana satu organisme memakan organisme lainnya, ada predator dan mangsa contoh antarhewan,sapi dimakan singa. Antara hewan dan tumbuhan, rumput dimakan kambing, antara tumbuhan  dan hewan, kantung semar memakan serangga.

§  Kompetisi, merupakan persaingan untuk mendapatkan sumber yang terbatas, baik berupa makanan, pasangan hidup dan wilayah kekuasaan. Kompetisi ada dua yaitu intra spesifik yaitu dua organisme yang sama contoh dua anemon laut yang berkompetisi mendapatkan wilayah dan makanan maka akan berusaha merusak satu sama lainnya. Inter spesifik yaitu dua organisme yang berbeda, contoh singa dan hyena yang memperebutkan makanan dan wilayah.

§  Parasitisme, adalah hubungan antarorganisme yang berbeda yang mana satu organisme diuntungkan dan satu organisme lainnya dirugikan, contoh : cacing pita dan babi.

3.      Apa jenis interaksi antara manusia dengan bakteri E. Coli  di saluran pencernaannya ?
›  Simbiosis mutualisme, Bakteri E. coli akan menguraikan makanan yang tidak dapat dicerna pada proses sebelumnya serta memproduksi vitamin K dan vitamin H. Dinding usus besar kemudian menyerap vitamin dan air yang berlebih, sebelum meneruskan sisa makanan menuju rektum, sebelum dibuang keluar tubuh melalui anus.

4.      Mengapa makhluk hidup membutuhkan kondisi lingkungan yang berbeda-beda untuk bisa bertahan hidup ?
›  Karena setiap makhluk hidup dalam ekosistem memiliki rentang toleransi dan cara beradaptasi yang berbeda terhadap variasi kondisi lingkungan. Yang mana tidak semua makhluk hidup yang mampu bertahan hidup di gurun ataupun di kutub utara,contohnya ikan hanya dapat hidup di air.

5.      Jelaskan yang dimaksud dengan faktor pembatas.
›  Faktor pembatas adalah komponen abiotik yang mempengaruhi populasi untuk bertahan hidup dalam ekosistem.

Kaji Ulang Hal 30
1.      Apa jenis bioma yang ada di Pulau Kalimantan ?
›  Bioma Hutan hujan tropis

2.      Jelaskanlah perbedaan antara bioma taiga dengan tundra.
›  Taiga adalah daerah yang mengalami musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang singkat dan dingin. Sedangkan, tundra adalah bioma yang memiliki suhu rata-rata dibawah titik beku dengan intensitas curah hujan yang rendah.

3.      Jelaskanlah zonasi yang ada di ekosistem danau. Bandingkanlah dengan zonasi yang ada di ekositem laut.
›  Zonasi pada ekosistem laut terdiri dari zona litoral yaitu bagian dasar danau yang dangkal, pada zona ini tumbuhan masih dapat tumbuh di dasar danau. Bagian danau yang terbuka disebut dengan zona limnetik. Selain dibagi secara horizontal, struktur danau juga dibagi secara vertical menjadi zona fotik yang mana cahaya matahari masih dapat berpenetrasi dan zona afotik dengan cahaya matahari sudah tidak bisa berpenetrasi.

Sedangkan pada ekosistem laut, dapat dibagi menjadi beberapa zona, yaitu zona intertidal atau zona pasang surut, zona neritik atau zona laut dangkal, dan zona pelagik atau zona laut terbuka. Berdasarkan ada atau tidaknya cahaya, ekosistem laut dapat dibagi menjadi zona fotik yaitu area permukaan laut yang masih menerima cahaya matahari dalam jumlah yang cukup untuk proses fotosintesis organismenya. Zona bentik adalah area dasar laut dan zona afotik adalah area pertengahan antara permukaan dasar laut yang tidak menerima masukan cahaya matahari yang cukup untuk melakukan proses fotosintesis organismenya.

4.      Jelaskanlah perbedaan antara zona intertidal, zona neritik, dan zona pelagic, pada ekosistem laut.
›  Zona intertidal
Area pasang surut air laut di sepanjang garis pantai disebut dengan zona intertidal. Pada zona ini, cahaya matahari cahaya bisa masuk hingga ke dasar perairan sehingga produktivitasorganisme fotosintetik di zona ini juga tinggi. Kandungan nutrisi di zona intertidal cenderung tinggi karena masuknya nutrisi dari estuary dan sungai.

Zona pelagik
Kedalaman rata-rata zona pelagik adalah 4000 m. sekitar 75% air laut berada  pada zona ini. Zona pelagik merupakan zona yang paling tidak produktif dibandingkan zona intertidal dan zona neritik. 

Zona Neritik
Zona neritik berada di antara zona intertidal dan zona pelagik. Kedalaman rata-rata zona laut dangkal ini adalah sekitar 200 m. dasar laut zona neritik cenderung melandai dibangdingkan zona pelagik. Pada umumnya, suhu dan salinitas air laut di zona neritik karena cahaya matahari bisa menembus hingga ke dasar laut.

5.      Sebutkanlah berbagai ekosistem buatan di lingkungan sekitarmu.
›  Danau, waduk, kolam, kebun, sawah, dll.

Kaji Ulang Hal 42
1.      Apa yang dimaksud dengan aliran energi ?
›  Aliran energy adalah Jalur satu arah dari perubahan energi pada suatu ekosistem.

2.      Sebutkan macam-macam tingkat trofik dalam suatu ekosistem.
› Produsen, Komsumen, dan Dekomposer.

3.      Jelaskan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan.
›  Rantai makanan adalah Proses  makan dan dimakan antara satu tingkat trofik dengan tingkat trofik yang lainnya membentuk urutan dengan arah tertentu. Sedangkan jarring-jaring makanan adalah hubungan makan dan dimakan yang kompleks yang saling bercabang dan berkaitan 

Kaji Ulang Hal 45
1.      Sebutkan macam-macam piramida ekologi.
›  Piramida jumlah, piramida biomassa dan piramida anergi.

2.      Apa yang dimaksud dengan piramida biomassa ?
› piramida yang menggambarkan total biomassa yang terdapat pada tiap tingkat trofik.

3.      Mengapa piramida energi memiliki tingkat keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis piramida lainnya.
›  Karena setiap faktor yang berhubungan dengan produktivitas energi dalam satu tingkat trofik selalu diperhitungkan

Kaji Ulang Hal 47
1.      Apa yang dimaksud dengan produktivitas ekosistem ?
›  Produktivitas ekosistem adalah Pemasukan dan penyimpanan energi dalam suatu ekosistem.

2.      Sebutkan rumus produktivitas primer bersih.
›  Rumus produktivitas primer bersih adalah : PPB  =  PPK  -  Respirasi 
(Jumlah energi yang dihasilkan dari proses fotosintesis) – (energi yang digunakan dalam aktivitas respirasi)

3.      Apa yang dimaksud produktivitas sekunder ?

›  Produktivitas sekunder adalah Kecepatan organisme heterotrof mengubah dan menyimpan energi yang didapatkan dari makanannya.