Sabtu, 22 Maret 2014

Soal Bahasa Indonesia SMK "Menentukan isi riwayat hidup/biografi"


Menentukan isi riwayat hidup/biografi

1. Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu. Sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan daftar riwayat hidup di atas adalah ...
A. Dari Fatmawati, Presiden Soekarno mempunyai dua anak putri dan tiga putra.
B. Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno berusia 69 tahun.
C. Bung Karno lahir di Blitar, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970.
D. Kartika adalah anak Bung Karno dari wanita turunan Jepang bernama Naoko Nemoto.
E. Dari ketiga istrinya, Bung Karno mempunyai anak sebanyak delapan orang.

2. Bacalah penggalan biografi berikut ini!
Raja Aisyah Sulaiman (selanjutnya ditulis Raja Aisyah) merupakan wanita asli Riau yang dilahirkan pada 1870-an di lingkungan istana di Pulau Penyengat (Ding Choo Ming, 2006:82). Raja Aisyah adalah cucu perempuan dari penulis besar, Raja Ali Haji. Sejak usia belasan, Raja Aisyah ditengarai telah mulai menulis, bahkan setelah kematian suaminya, Raja Khalid Hitam pada 11 Maret 1914 (Ding, 2006:82-83). Hanya saja karena tradisi kala itu menuntut penyembunyian jatidiri seorang pengarang, maka sulit sekali untuk menemukan karya Raja Aisyah yang ditulis ketika masih berusia belasan tahun.

Pernyataan yang sesuai dengan penggalan biografi di atas adalah …
A. Raja Aisyah adalah cucu raja Khalid Hitam. 
B. Raja Aisyah dilahirkan pada tahun 1880-an. 
C. Raja Aisyah merupakan wanita karier Riau. 
D. Sejak usia belasan Raja Aisyah mulai menulis. 
E. Sangat mudah menemukan karya Raja Aisyah. 

3. Bacalah penggalan biografi berikut secara cermat!

Usmar Ismail dilahirkan di Bukittinggi, 20 Maret 1921. Ia menempuh pendidikan AMS-A Yogya, Sekolah Menengah Tinggi Jakarta, tamat tahun 1943. Sewaktu penjajahan Jepang ia sebagai pengarang yang produktif, melahirkan sajak-sajak, cerita pendek dan sandiwara. Suara dasar: ketuhanan dan nasionalisme. Di masa Jepang mendirikan sandiwara penggemar ”Maya” pada permulaan tahun 1944, sebagai imbangan terhadap badan propaganda ” Pusat Kebudayaan.” Sesudah proklamasi Indonesia Merdeka pindah dari Jakarta ke Yogya dan mendirikan majalah Tentara dan Patriot, yang kemudian menjadi harian dan majalah kebudayaan dan kesusasteraan Arena. Sesudah Aksi Militer II bulan Desember 1948, dia datang sebagai wartawan politik Antara di Jakarta dan ditahan oleh Belanda 4 bulan lamanya karena dituduh ambil bagian dalam aksi subversif. Sekeluarnya dari tahanan dia memperluas dan memperdalam pengetahuan dalam dunia film dengan memasuki Pasifikc Film.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi biografi di atas adalah...
A. Usmar Ismail pernah menempuh pendidikan di Yogya dan Jakarta.
B. Usmar Ismail sebagai pengarang yang produktif pada masa Jepang.
C. Usmar Ismail pernah ditahan oleh Belanda selama 4 bulan.
D. Usmar Ismail menjadi wartawan sesudah keluar dari penjara.
E. Usmar Ismail menjadi tentara pada masa pendudukan Jepang.

4. Bacalah penggalan biografi berikut !

Tom Cruise (lahir dengan nama Thomas Cruise Mapother IV  3 Juli 1962 ; umur 51 tahun) adalah seorang aktor dan produser film asal Amerika Serikat yang dinominasikan dalam Academy Award, dan memenangkan tiga kali penghargaan Golden Globe Award yang memulai karier aktingnya sejak era 1980an. Ia juga salah satu aktor tersukses di Hollywood berkat film-filmnya yang spektakuler yaitu Mission Impossible, Top Gun, dan Knight and Day, dan lain-lain. Pada tahun 1990, 1991 dan 1997 majalah People terbitan Amerika menobatkan Cruise sebagai salah satu "The 50 Most Beautiful People In the World". Tahun 1995, majalah Empire juga menobatkan ia sebagai salah satu "The 100 Sexiest Stars in Film History". Tahun 2006 dalam majalah Premiere Cruise mendapat peringkat ke-13 sebagai "Hollywood's Most Powerful Actor" dan ditahun yang sama majalah terkemuka Forbes menobatkan Cruise dalam peringkat teratas "The 100 Most Powerful Celebrities". Cruise masuk dalam jajaran aktor papan atas Hollywood dengan bayaran termahal.

Pernyataan yang sesuai dengan biografi di atas adalah . . .
A. Tom Cruise memperoleh penghargaan Golden Globe Award pada tahun 2006.
B. Tom Cruise adalah seorang aktor, sutradara, dan produser film.
C. Tom cruise sukses lewat filmnya yang berjudul Pirates of The Caribbean.
D. Tahun 2006 majalah Forbes menobatkan Tom Cruise sebagai "The 100 Most Powerful Celebrities"
E. Tom Cruise mendapat peringkat ke-12 sebagai "Hollywood's Most Powerful Actor."

5. Bacalah penggalan biografi di bawah ini!
Hamzah al-Fansuri atau dikenal juga sebagai Hamzah Fansuri adalah seorang ulama sufi dan sastrawan yang hidup di abad ke-16. Hamzah al-Fansuri lama berdiam di Aceh. Ia terkenal sebagai penganut aliran wahdatul wujud. Dalam sastra Melayu ia dikenal sebagai pencipta genre syair. A. Teeuw menyebutnya sebagai Sang Pemula Puisi Indonesia yang terkenal dengan puisinya yang berjudul Syair Perahu dan prosa yang berjudul Asrar al-Arifin.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan biografi di atas adalah . . .
A. Hamzah Al-Fansuri dalam sastra melayu dikenal sebagai pencipta genre syair.
B. Salah satu syair karya Hamzah Al-Fansuri adalah Syair Perahu
C. Hamzah Al-Fansuri disebutkan sebagai Sang Pemula Puisi Indonesia oleh A. Teeuw.
D. Hamzah Al-Fansuri adalah seorang penyanyi.
E. Hamzah Al-Fansuri lahir pada abad ke-16 sebelum masehi.