Kata
pengantar
Segala puji dan syukur kita panjatkan
kepada Allah SWT karena atas berkah dan rahmat-Nya Saya bisa menyusun proposal
ini dengan sebaik-baiknya. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan
kepada Nabi Muhammad SAW.
Adapun maksud dan tujuan penyusunan
proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Proposal usaha dalam Mata Kuliah
Pengantar Bisnis yang dibimbing oleh Ibu Sri Yanti, SE, M.Si.
Dalam penyusun proposal ini Saya tentu menjumpai beberapa hambatan,
namun berkat dukungan dari berbagai pihak akhirnya Saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan
sebaik-baiknya, oleh karena itu melalui kesempatan ini Saya sebagai penyusun
mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terkait yang
telah membantu Saya menyelesaikan proposal ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya
dari manusia yaitu Saya sendiri sedangkan segala sesuatu yang benar datangnya
hanya dari Allah SWT, untuk itu Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila
dalam penyusunan proposal ini masih terdapat berbagai kesalahan baik itu dalam
penulisan atau tata bahasa, dan kritik beserta saran yang membangun sangat Saya
harapkan guna untuk memperbaiki kesalah-kesalahan pada tahap selanjutnya.
Semoga proposal ini bermanfaat khususnya
bagi Saya sebagai penyusun umumnya untuk semua pihak pembaca.
Batam, 8 Oktober 2014
Penyusun
BAB II
PENDAHULUAN
1.
Judul Program Usaha
Membangun
usaha yang mampu berkompetisi secara sehat dan mempunyai daya saing yang tinggi, serta memberikan
keuntungan bagi segala pihak.
2. Latar
Belakang
Batam adalah salah satu kota
di Indonesia
yang sangat kental dengan beragam budaya dibandingkan dengan kota-kota lain di
Indonesia. Kota Batam juga memiliki berbagai macam makanan khas seperti makanan
yang sangat terkenal dari Kota ini adalah See Food seperti Gonggong dan makanan
khas lainnya seperti Mie Tarempa, Cake Pisang Villa, Binka Bakar Buah Naga dll.
Selain makanan, Batam juga merupakan kota dengan berbagai tempat wisata seperti
Harris Hotel and Resort, Montigo Resort, Nongsa Point Marina dan berbagai jenis
pantai dan yang spesial dari Jembatan Barelang yang menghubungkan Pulau Batam,
Rempang dan Galang serta penghubung ke pulau kecil di sekitarnya sehingga
mengundang banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk
mengunjungi kota Batam karena keindahannya.
Batam juga di kenal dengan sebutan “ Kota Industri dan Agrowisata “ dimana di kota ini terdapat banyak pendatang
dari seluruh penjuru Negeri dengan berbagai budaya
mereka berkumpul dalam satu wadah yaitu Batam baik untuk menggapai pendidikan,
mencari pekerjaan dan liburan. Batam memiliki banyak peminat dalam bidang Industri
karena di kota Batam
terdapat berbagai jenis perusahaan lokal dan asing yang membuka lapangan
pekerjaan seluas-luasnya. Selain Batam sebagai kota industri dan agrowisata, Batam termasuk
dalam Free Trade Zone yang tentunya sangat menarik perhatian warga local dan
asing.
Perusahaan ini berdiri karena kegemaran kami kepada kopi dan
kepada buku yang kami anggap sebagai teman setia dalam situasi apapun. Happy Coffee akan di dirikan di kota Batam dengan konsep “nongkrong hemat
bermanfaat”. Dengan harga yang bersahabat Happy
Coffee memberikan berbagai
fasilitas khususnya buku bacaan untuk menemani pengunjung yang gemar membaca
baik fiksi maupun non-fiksi. Kami memilih buku sebagai fasilitas utama dalam
perusahaan ini karena mengingat minat baca para anak muda jaman sekarang ini
menurun, dan Kami berharap dengan adanya Happy
coffee bisa meningkatkan
minat baca Mereka. Selain berbagai macam buku Kami juga memiliki fasilitas
tambahan seperti alat musik bagi pengunjung yang suka akan musik, dan wifi bagi
pengunjung yang hanya sekedar ingin nongkrong sambil browsing berbagai hal dari
tugas kuliah sampai hal yang paling tidak penting sekalipun.
Happy Coffee di dirikan untuk kaula muda yang gemar akan
berbagai macam kopi dari kopi luwak sampai vanila latte, dan bagi kaula muda,
para mahasiswa yang gemar akan membaca berbagai buku penegtahuan. Serta pekerja yang membutuhkan tempat
meeting dengan mitra kerja, maka Happy Coffee adalah solusi yang tepat
untuk bersantai, meeting, dan Happy
Coffee merupakan tempat yang sangat nyaman untuk belajar.
3.
Tujuan Program
Untuk belajar
berwirausaha, mengembangkan kreativitas, pengetahuan dan kemampuan dari rumpun
keilmuan yang kami miliki dan berdasarkan kebutuhan usaha untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
BAB II
GAMBARAN UMUM USAHA
1. Nama Usaha
Usaha yang akan kami kembangkan adalah “Happy Coffee”
yang nerupakan usaha dalam bidang perdagangan yang menjual berbagai jenis kopi
dan makanan ringan pelengkap saat ngopi.
2. Visi,
Misi, dan Strategi Perusahaan
a.
Visi perusahaan
Menjadi kedai kopi
yang mampu berkompetisi secara sehat dan mempunyai daya saing yang tinggi.
b.
Misi perusahaan
·
Memberikan layanan yang berorientasi pada
kepuasan konsumen
·
Menyajikan
makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau
3. Strategi
perusahaan
Memberikan
pelayanan dan fasilitas berupa alat musik akustik, hotspot dan interior yang membuat
pengunjung merasa nyaman dan menjadikan diferensiasi sebagai strategi utama
perusahaan.
4. Lokasi
Pemilihan lokasi usaha di Komplek Ruko Rananta Residence
karena lokasi tersebut sangatlah strategis, selain berada di pusat kota, kepadaan
penduduk yang cukup tinggi, terdapat sekolah – sekolah mulai dari TK, SD, SMP,
SMA dan SMK yang menyebabkan lokasi tersebut menjadi pusat perputaran uang yang
sangat baik.
5. Bangunan
/ Tempat yang di butuhkan
Bangunan / tempat yang kami butuhkan untuk mendirikan bisnis
ini adalah sekitar 500 m², dengan tempat makan in-door dan out-door, panggung
musik, tempat buku, parkiran, kamar mandi, mushola, dan dapur yang tergabung
dalam satu gedung berupa penggabungan 3 ruko.
6. Waktu
Operasional
Happy Coffee dibuka
mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 24.00
WIB yang mana segala kalangan dapat mengunjungi Coffe Shop kami saat waktu
senggang seperti break lunch, atau sepulang sekolah sambil mengerjakan tugas
dari sekolah ataupun kampus.
7. Keunikan
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan yaitu ”Service
With Love” sehingga pelanggan merasa nyaman ketika berada dalam pelayanan
Kami, dan membuat pelanggan selalu ingin kembali ke kedai kopi Kami karena
pelayanan berkualitas yang dapat memuaskan semua pelanggan.
8. Target
Pelanggan
Target pelanggan kedai kopi Kami adalah semua kalangan baik
para Kaula Muda dan Mahasiswa maupun pekerja, orang tua serta anak – anak
khususnya bagi maasiswa dan pekerja karena pada masa-masa itu merupakan masa
dengan tingkat kebutuhan refreshing yang lebih tinggi di bandingkan dengan
Orang Tua atau Anak-anak.
9. Nama dan Alamat Perusahaan
Nama
perusahaan : Happy Coffee
Alamat perusahaan : Ruko Rananta ResidenceBlok A No. 3A
No. Telp : (0778) 422576
10. Nama dan Alamat Pemilik
Nama
Pemilik :
Nurlaili
Alamat Pemilik : Bengkong Jaya Blok B No. 12
No. Telp : 085765592622
11. Produk
yang di hasilkan
Adapun
kualitas produk yang Kami hasilkan yaitu :
§
Berkualitas dan dapat memuaskan pelanggan
§
Berbagai macam kopi dan minuman lain (aneka juice, coklat
panas, lemon tea, dll) serta makanan yang memiliki cita rasa tinggi
12. Ruang
lingkup usaha
Ruang lingkup usaha kedai kopi ini akan Kami rancang
sebaik-baiknya karena semua itu dapat memberikan pengaruh yang sangat besar
terhadap maju mundurnya perusahaan Kami.
Perusahaan Happy
Coffee terletak di Ruko
Rananta Residence Blok A No. 3A - Batam. Menurut Kami, jika dilihat dari lokasi
berdirinya perusahaan, kedai ini sudah memenuhi persyratan berdirinya sebuah
perusahaan, karena lokasi perusahaan ini merupakan lokasi yang sangat strategis
dan akses transportasi ke lokasi perusahaan juga suangat lancar sehingga
memudahkan pelanggan untuk mengunjungi kedai kopi Kami.
13. Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi yang akan di lakukan oleh perusahaan kami
yaitu menarik pelanggan sebanyak mungkin dan mendekati mereka dengan
menggunakan strategi “costumer value added” agar penjualan dan laba
perusahaan kami dapat meningkat seperti yang di harapkan dan para pelanggan Happy Coffee merasa puas berada dalam pelayanan
kami.
14. Strategi
promosi
Strategi
yang akan kami terapkan di Happy
Coffee yaitu :
·
Membuat pamflet, banner dan brosur yang
berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat
yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
·
Memasang iklan di dunia internet khususnya
social-media seperti facebook atau twitter yang banyak di ketahui oleh para
Kaula muda
·
Membuat catalog yang berisikan tentang keadaan Happy Coffee dan berbagai macam produk
yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
15. Sumber
Bahan Baku
Untuk sumber bahan baku
atau suplier biji kopi, Kami akan mengambil suplier bahan baku yang terjamin dan sudah terbukti
kualitasnya, sehingga kami bisa menyajikan produk yang berkualitas dan tidak
mengecewakan pelanggan karena sesuai dengan Misi perusahaan kedai kopi kami
bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
1. Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya perusahaan yang bergerak dalam bidang
perdagangan khususnya makanan dan minuman dengan lokasi yang strategis dan
nuansa yang terkesan lebih santai membuat Kami yakin usaha ini akan mengalami
kemajuan yang signifikan seiring dengan kebutuhan para Kaula Muda dan Mahasiswa
akan tempat hang-out.
2. Segmentasi
Pasar
Happy Coffee membidik
semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah kebawah seperti para
Kaula Muda dan Mahasiswa dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak
menyulitkan tetapi juga tidak mengesampingkan kualitas produk sebagai tujuan
utama kedai Kami.
3. Analisi
SWOT
a) Strenghts (kekuatan)
§
Harga terjangkau
Merupakan salah satu strategi perusahaan kami yaitu penjualan
dengan harga yang terjangkau, harga yang mampu diraih oleh semua kalangan. Jika
biasanya anak sekolah ataupun mahasiswa hanya memdapatkan uang saku yang
terbatas dari orang tua mereka, maka jika mereka ingin sekedar hang out maka
coffee shop kami adalah tempat yang tepat karenya menyajikan minuman dan
makanan ringan dengan harga yang murah, yang hana berkisar Rp. 10.000 sampai
Rp. 20.000.
§
Kualitas baik dan terjamin
Selain harga yang terjangkau kami tentunya memberikan
kualitas yang terjamin, sumber bahan baku
kami peroleh dari produsen kopi dan minuman-minuman yang sudah terjamin baik
kesehatan maupun kebesihan produk.
§
Tersedia berbagai jenis kopi serta berbagai
minuman dan makanan.
Di coffee shop kami Anda akan mendapatkan apa yang Anda
inginkan, kami menyediakan berbagai macam kopi dan the seperti Coppucino,
Mocacinno, Coffe Latte, Espresso, Teh Tarik, serta makanan seperti Nasi Goreng,
Mie Goreng dan lain-lain.
§
Memiliki ciri khas yang tidak di miliki oleh
kedai lain
.Berdasarkan hasil survey yang telah kami lakukan, pada
umumnya cafe di Kota Batam masih menggunakan nuansa yang biasa di pakai oleh
kebanyakan cafe lainnya di Indonesia, lain halnya dengan Kedai Kopi yang Kami
hadirkan dengan nuansa yang lebih santai tapi mempunyai ciri khas tersendiri
yaitu dengan adanya fasilitas peminjaman buku gratis yang bisa pelanggan baca
ketika Mereka singgah di kedai kopi Kami. Coffee Shop kami berbeda dengan kedai
kopi lainnya, dimana kami menyatukan kesan nyaman menikmati secangkir kopi dan
pisang keju bisa sambil membaca majalah, komik, novel, dan buku – buku umum
lainnya. Hal tersebut tidak akan Anda jumpai di manapun selain di Happy Coffee.
Jadi, selain pelanggan bisa menikmati secangkir kopi, para
pelanggan juga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Seperti yang telah
di jelaskan diatas, selain Kami menyediakan fasilitas buku, Kami juga
menyediakan fasilitas alat musik dan Wifi sehingga membuat para pelanggan
merasa nyaman berada di kedai kopi Kami.
Jika di lihat dari tempat kedai kopi ini di dirikan, di
lokasi tersebut masih jarang terdapat cafe yang secara khusus menyediakan kopi
sebagai menu utama. Kebanyakan cafe di daerah tersebut menyediakan
makanan-makanan yang biasa di jual berbagai banyak tempat. Jadi, menurut Kami
persaingannya tidak terlalu ketat, apalagi Kedai Kopi Kami memiliki sesuatu
yang unik yang tidak dimiliki oleh kedai-kedai lainnya.
§
Fasilitas lengkap
Kenyamanan akan
diraih jika penyediaan fasilitasnya lengkap, maka hal itulah yang kami
prioritaskan. Di Coffee Shop kami Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dengan
aman, seluruh took free Wifi, Musholla bagi umat muslim yang ingin enjalankan
ibadah sholat, kamar kecil berjumlah 2 buah di setiap lantai, rak-rak – rak
buku sebagai penunjang fasilitas bagi Anda yang ingin meluangkan waktu untuk
membaca.
§
Tempat yang bersih dan nyaman
“Kebersihan adalah
sebagian dari iman”. Begitulah motto kami dalam menjaga kebersihan Coffee Shop
kami, kami kaan menjamin kebersihan disetiap lokasi, servise kebersihan meja
yang cepat sehingga tidak menggangu pelanggan yang sedang menikmati kopi dan
makanan mereka.
§
Pelayanan yang memuaskan
Kepuasan Anda
merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi “Service with Love” maka kami
dalam hal meyediakan produk haruslah bersih, rapi, cepat dan tepat. Hal ini kami jmain karena proses
perekrutan karyawan sangatlah kami perhatikan.
§
Lokasi strategis
Kami telah memilih tempat usaha kami di komplek
ruko rananta yang mana lokasi ini sangatlah strategis, mudah ditemukan, merupakan
rute transportasi umum, ramai drngan aktifitas masyarakat.
b) Weakness (kelemahan)
§
Keberadaan
bahan baku yang baik dan berkualitas sangat minim
Banyak kita temui bahan – bahan makanan yang tidak
berkualitas bahkan membahayakan kesehatan. Kami harus selalu menyeleksi apa
yang akan kami gunakan untuk kualitas produk kami, saat ini sangt sulit untuk
memperoleh bahan baku yang berkualitas dikarenakan orang – orang sekarang ini
banyak yang lebih mementingkan kepentingan sendiri dengan cara menipu orang
lain untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar – besaranya.
c) Oportunities (peluang)
§
Terdapat
banyak masyarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap kopi
Tingginya tingkat
konsumsi berbagai jenis kopi pada saat ini mendorong kami untuk membuka Coffee
Shop yang mampu memberikan pelayanan yang bukan hanya layak namun yang terbaik.
§
Permintaan pasar yang selalu meningkat
d) Threats (ancaman)
Hambatan yang dapat membuat cafe ini
tidak berhasil seperti para pesaing. Dimana akan ada banyak cafe yang akan
didirikan dengan harga, menu makanan dan minuman yang bersaing. Turunnya minat
konsumen terhadap kedai kopi juga merupakan masalah yang cukup serius, di zaman
sekarang ini telah muncul berbagai macam inovasi dalam bidang makanan dan
minuman, diantaranya munculnya makanan dan minuman cepat saji dan makanan dan
minuman dalam kemasan yang enak dengan harga yang terjangkau. Hal itu tentu saja dapat mengancam keberadaan
kedai kopi seperti milik kai ini. Dan
masih banyak lagi hambatan-hamabatan yang mungkin dapat menghambatan
pertumbuhan dan keberhasilan cafe.
Selain faktor dari minuman itu sendiri, faktor cuaca dan musim juga menjadi
problema yang cukup sulit. Saat
musim hujan, maka meminat kopi akan meningkat. Sedangkan saat musim panas
ataupun kemarau, tentunya jenis minuman kopi panas akan menurun meskipun
minuman kopi dan teh yang dingin tetap bertahan.
Berikut adalah ancaman – ancaman lainnya :
§
Muncul
pruduk baru yang lebih unggul
§
Kenaikan
harga bahan baku karena terbatas
§
Adanya
kompetitor yang lebih di kenal masyarakat
4. Masalah
Yang Potensial
Masalah yang potensial yang bisa terjadi di cafe ini,
misalnya sebagai berikut :
·
Adanya
komplen dari pengunjung / pelanggan.
·
Adanya
pelayanan yang kurang baik.
·
Adanya
karyawan yang datang telat / terlambat
5. Resiko
dan Hambatan
a.
Resiko yang dapat terjadi antara lain :
§
Banyaknya pengeluaran untuk reparasi alat cafe
dan jasa-jasa lainnya.
§
Kerugian yang mungkin terjadi
§
Adanya
pengunjung / pelanggan yang kabur / tidak membayar.
§
Mengeluarkan modal yang banyak dalam pendirian
cafe.
6. Tindakan
Alternatif
Adapun
tindakan-tindakan yang dapat dilakukan agar masalah-masalah, resiko dan
hambatan tersebut dapat dicegah antara lain :
a. Berusaha menyujikan menu sesuai pesanan
dengan rasa yang sesuai.
b. Memberikan sanksi bagi karyawan yang tidak
sopan dan sering terlambat.
c. Menggunakan jasa reparasi yang murah atau
mempekerjakan sendiri orang yang ahli dalam bidang reparasi alat-alat
elektronik atau alat cafe atau dapur.
d. Mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang
tidak perlu.
e. Mencari tenaga kerja yang muda dan
bertanggungjawab.
f. Memberikan sanksi bagi pelanggan yang
tidak dapat membayar pesanan.
BAB IV
RENCANA PEMASARAN
1.
Perlengkapan dan Peralatan
Perlengkapan dan Peralatan
2. Penetapan
harga
Harga yang akan kami tetapkan di Happy Coffee adalah harga yang dapat di jangkau semua kalangan masyarakat. Setelah kami pertimbangkan dengan sangat matang kami akan menetapkan harga awal dari produk kami seperti yang ada pada tabel di bawah ini :
BAB VII
PERENCANAAN PERMODALAN DAN LABA
A. Sumber
Modal
Sumber modal awal pendirian Happy Coffee yaitu dari pemilik dan pinjaman
Bank serta dari investor yang ingin menanamkan modalnya di kedai Kami.
B. Perkiraan
Finansial
1.
Keuntungan dan kerugian
Untuk menentukan Cafe mengalami keuntungan atau kerugian, maka dilakukan
pencatatan perkiraan laba-rugi dalam 1 tahun.
a. Proyeksi
Laba-Rugi Cafe sebagai usaha utama :
Penjualan Rp.
300.000.000
Biaya Pokok Produksi :
Bahan baku Rp. 38.000.000
Bahan penolong Rp. 3.000.000
Upah tenaga Kerja Rp. 74.400.000
BOP Rp. 2.000.000
Total Biaya Pokok
Produksi (Rp.
117.400.000)
Laba Kotor
Rp. 182.600.000
Biaya Umum :
Biaya reparasi Rp. 7.000.000
Biaya Sewa Gedung Rp. 1.000.000
Biaya sewa mobil Rp. 2.400.000
Biaya listrik Rp. 8.800.000
Biaya air Rp.
5.600.000
Biaya
Gas Rp. 5.000.000
Total Biaya Umum (Rp.
29.800.000)
Laba Sebelum Pajak
Rp. 152.800.000
b.
Estimasi Neraca
Perkiraan neraca Happy Coffee tahun
pertama, yaitu :
Happy Coffee
NERACA
AKTIVA
Kas Rp.
103.000.000
Tanah Rp. 170.000.000
Bangunan Rp. 100.000.000
Perlengkapan Rp. 10.000.000
Peralatan Rp. 25.000.000
Rp. 408.000.000
PASIVA
Kewajiban :
Utang usaha Rp. 25.000.000
Utang bank Rp. 183.000.000
Ekuitas :
Modal pemilik Rp.
200.000.000
Rp. 408.000.000
pembahasannya sangat lengkap, diulas dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga sangat membantu pembaca dalam memahami mengenai persiapan-persiapan apa saja untuk merintis usaha kopi. terimakasih ,,
BalasHapus*** Jika berkenan, silahkan kunjungi juga website saya di>>> Aplikasi Laporan Keuangan Android
Iya bahas lebih rinci lagi
BalasHapus